Berita Utama

HEADLINE

Nasional

Daerah

Hukum

Metropolitan

Kriminal

Politik

» » » Peduli Wisata, Kelompok Masyarakat Giat Kerja Bakti Bersih Sampah di Kawasan Pantai Konang


Trenggalek, BP -- Peduli wisata, pemerintah desa Nglebeng bersama kelompok masyarakat yang tergabung dalam Perkumpulan pedagang kaki lima gajah putih pantai konang dan Kelompok usaha bersama nelayan yang di dukung oleh pemerintah kecamatan panggul, melaksanakan kerja bakti kebersihan sempadan pantai di kawasan pantai konang Rabu, (05/05/2021) pagi hari.

Agus Dwi Karyanto, S.STP selaku camat panggul mengatakan "Sebagaimana tercantum dalam program kerja bakti pemerintah desa nglebeng yang di kordinasikan dengan pemerintah kecamatan panggul, kegiatan bersih sampah merupakan bentuk kepedulian pemerintah desa nglebeng dan kecamatan panggul bersama kelompok masyarakat perkumpulan pedagang kaki lima gajah putih pantai konang dan kelompok usaha bersama nelayan terhadap kebersihan lingkungan di kawasan Pantai Konang . Kami pemerintah kecamatan panggul berharap , semoga pantai konang dapat menjadi desa wisata kuliner yang mengedepankan pelayanan,kreatifitas dan kebersihan agar dapat menarik wisatawan," ungkpanya.

Dalam hal mengembangkan potensi wisata kuliner yang ada di pantai konang, pemerintah kecamatan panggul telah berkordinasi dengan pemerintah kabupaten trenggalek untuk memfasilitasi kelompok masyarakat yang tergabung dalam perkumpulan pedagang kaki lima gajah putih pantai konang . Terkait dengan agenda pelatihan tambahan menu masakan kuliner agar lebih profesional dan berkarakter dalam penyajian .

Berada di balai desa nglebeng, Seni selaku kepala desa nglebeng mengatakan " Pantai konang adalah sumber potensi ekonomi masyarakat yang harus di jaga dan di kelola dengan baik oleh pemerintah desa. Agar kedepannya dapat menjadi sumber potensi ekonomi kesejahteraan masyarakat. Salah satu awal program kami setelah membentuk Kelompok masyarakat yang tergabung dalam perkumpulan pedagang kaki lima gajah putih pantai konang dan bekerja sama dengan kelompok usaha bersama nelayan adalah kebersihan. Untuk kedepannya rencana kami selaku pemerintah desa nglebeng, pantai konang tidak hanya menjadi tempat wisata kuliner saja. Akan tetapi dapat menjadi tempat terciptanya lapangan pekerjaan, sumber ekonomi kreatif dan kelestarian budaya . Melalui penataan tempat lelang hasil laut , kesenian dan kerajinan bersama pemerintah dan dinas-dinas terkait," katanya.

Tujuan yang lain, menurut pendamping desa nglebeng Sulistyo S.H , " Kegiatan ini selain untuk kebersihan adalah sebagai sarana untuk mempererat kerjasama dan kerukunan perkumpulan pedagang kaki lima gajah putih pantai konang  dengan kelompok usaha bersama nelayan secara umum. Agar kedepannya jalinan silahturahmi dan kerukunan yang di bangun dapat di kembangkan menjadi faktor pendukung berkembangnya salah satu potensi kawasan pantai yang ada di desa nglebeng,kecamatan panggul ," ungkapnya.

Kebersihan tempat wisata dapat merangsang peningkatan daya tarik dan kunjungan wisatawan. Di samping itu, kebersihan adalah pangkal kesehatan. Semoga dengan adanya awal mula kegiatan kebersihan ini dapat mengetuk hati para pejabat pemerintahan kabupaten maupun provinsi dan dinas-dinas terkait, agar lebih memperhatikan kebutuhan sarana dan prasarana penunjang kebersihan . Sangat di sayangkan jika pantai konang yang terkenal sebagai tempat wisata kuliner yang pelayanannya ramah, harga merakyat/murah ,tempatnya indah dan nyaman ini . Sampai kumuh karena belum adanya fasilitas penunjang sarana dan prasarana alat kebersihan . ” kata sumilih (LAKI) , seorang aktivis yang menjadi salah satu tokoh pendiri perkumpulan pedagang kaki lima gajah putih pantai konang.

Agenda kegiatan selanjutnya, pemerintah kecamatan panggul bersama pemerintah desa nglebeng merencanakan kegiatan penataan tempat pembuangan sementara sampah di kawasan pantai konang dan penghijauan berupa penanaman pohon di seputar kawasan sempadan pantai konang . melalui Seni selaku kepala desa nglebeng menyampaikan arahan dari Agus dwi karyanto, S.STP selaku camat panggul , " Segala sesuatu yang berhubungan dengan persiapan segera dimatangkan, termasuk koordinasi dengan pihak-pihak yang terkait," tandasnya. (Ingga)

«
Next
This is the most recent post.
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply