Berita Utama

HEADLINE

Nasional

Daerah

Hukum

Metropolitan

Kriminal

Politik

» » » » Cegah Pilkades Money Politik Satgas Desa Nusantara Hadir Membantu Aparat Penegak Hukum


Semarang, BP -- Sejarah mungkin mencatat dengan jelas, bahwa ketika Parade Nusantara berjuang mengawal dan mendorong lahirnya UUDesa,  penghalang yang berdiri  digaris terdepan adalah mayoritas para Camat dan Bupati diseluruh Indonesia atas perintah Mendagri.
 

Tetapi sebaliknya setelah UUDesa lahir dan Dana Desa cair, Justru mereka semua yang maunya sok mengatur." Tutur Sudir Santoso Ketua Presidium Parade Nusantara pada Awak Media OP ditengah Acara Reoni mantan Kades yang  berjasa memperjuangkan UUDesa di Wisata Kopeng Salatiga, Minggu 14/3/2021


Dalam rangka turut serta berpartisipasi aktif untuk mengurangi dan atau menghilangkan satu tindakan pelanggaran hukum, yang berdampak merusak Pranata Demokrasi dan sendi - sendi Pemerintahan serta menjadi penyebab / akar tindak pidana Korupsi, mulai dari tingkat Pemerintaha Desa , Pemerintah Kabupaten / Kota, Pemerintah Propinsi dan Pemerintah Pusat, yaitu berupa kejahatan yang sering disebut " MONEY POLITIK / POLITIK UANG " dimana pelanggaran hukum ini karena sudah sering dilakukan dan tidak ada penindakan hukum dari APH secara tegas dan berkelanjutan, akibatnya kejahatan ini dianggap BIASA bahkan telah dijadikan kebiasaan dan atau kebutuhan serta kewajiban oleh para calon Kepala Desa." Tutur Sudir Santoso 


Bukan asing bagi rakyat desa tentang kiprah Persatuan Rakyat Desa Nusantara yang sering disebut "PARADE NUSANTARA"  adalah satu Organisasi yg dimasa lalu berperan sebagai inisiator, motor dan pelopor pengawalan lahirnya UU No.6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Pengurus Parade Nusantara dalam pertemuan atau reoni mantan Kades  sangat mengapresiasi dan mendukung sikap dan keputusan tegas KAPOLRES PATI JAWA TENGAH yang telah membentuk " SATGASUS MONEY POLITIK & PERJUDIAN DALAM PILKADÈS " .

Satgasus dimaksud dibentuk Kapolres dalam rangka pengamanan acara Pergelaran  Pilkades serentak Kabupaten Pati Jawa Tengah pada tanggal 10 April 2021 yang akan dilaksanakan di 219 Desa .

Mengingat rasio jumlah personil Polisi di Polres Pati tentu sangat tidak rasional jika harus mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak di 219 Desa , maka dibutuhkan partisipasi aktif dari rakyat Desa setempat kususnya yang menggelar acara Pemilihan Kepala Desa pada tanggal 10 April 2021 mendatang, untuk mendukung kesuksesan Satgasus anti Money Politik dan Perjudian yang telah dibentuk Kapolres Pati dalam mengamankan Pilkades serentak di Kabupaten Pati maka  Parade Nusantara Kabupaten Pati telah membentuk " SATGAS DESA NUSANTARA" yang dimaksudkan untuk membantu Satgasus anti Money Politik dan Perjudian dalam Pilkades agar bisa berhasil tanpa meninggalkan ekses yang negatif.

Dalam rangka sinergitas tentu saja Satgas Desa Nusantara kita tawarkan dibawah BKO Kapolres Pati" Tutur Sudir Santoso. .

Menurut pendapat mantan Kades era Pemerintahan Presiden SBY ini, sebuah program pengamanan  sebaik dan secanggih apapun jika tidak mendapat respon positif dan dukungan masyarakat setempat akan sulit diharapkan keberhasilanya, dalam posisi itu Satgas Desa Nusantara akan ikut serta mengambil peran aktifnya.

PROGRAM NASIONAL .

Barangkali Kapolres Pati belum dan atau tidak  menyadari bahwa " Satgasus Anti Money Politik dalam Pilkades" yang beliau bentuk sesungguhnya adalah program yg ditunggu - tunggu sebagian besar masyarakat Desa diseluruh Indonesia.

Penting juga disampaikan melalui mimbar ini bahwa gagasan terbentuknya " Satgas Desa Nusantara " oleh Parade Nusantara sudah sejak dua tahun yang lalu, hal ini atas bimbingan dan dukungan penuh Letjen TNI Dodi Wijonarko yang menjabat sebagai DANPUSPOM AD.

Satgas dimaksud kusus untuk mengurangi dan atau menghilangkan kejajahatan Money Politik kususnya pada saat Pilkades dan secara umum pada saat Pilkada, Pileg dan Pilpres, sesuai dengan tahapan dan kemampuan Satgas Desa Nusantara.

Kata Sudir apabila " Satgasus anti Money Politik dan Perjudian dalam Pilkades yang dibentuk Kapolres Pati ini  berhasil melakukan Operasi Tangkap Tangan atas pelanggaran  Calon Kepala Desa terpilih dan terbukti secara terstuktur, sistematis dan masif dengan bukti cukup melakukan money politik dan batal dilantik oleh Bupati karena kecurangan itu walau hanya  5 Calon Kades saja, dari 219 Calon Kades terpilih se Kabupaten Pati, maka sudah pasti akan menjadi berita viral secara Nasional, " Ujar Sudir Santoso.

Lanjut Sudir,  Akibat dari 514 Kabupaten seluruh Indonesia yang ada, jaringan  Parade Nusantara pasti minta untuk dibentuk Satgas Desa Nusantara.

Sehubungan dengan  keberhasilan tersebut  maka Kapolres Pati akan menjadi Kapolres terbaik di jajaran Korp Bhayangkara.

Kita sama-sama menyadari bahwa tidak akan mudah bagi Satgasus bentukan Polres Pati dan Satgas Desa Nusantara bentukan Parade Nusantara untuk menangkap basah pelaku money politik dalam Pilkades, karena jujur rakyat Desa setempat juga berharap mendapat uang dari calon Kades, sementara Calon Kades juga siap memberi uang baik langsung maupun melalui tim suksesnya ,maka tentu saja akan dilakukan dg sembunyi dan kucing-kucingaan dengan petugas .

Sementara dalam aturan KUHP mengamanatkan " Barang siapa melajukan dan atau menyuruh seseorang memberi barang dan atau uang dengan permintaan untuk mempengaruhi agar memilih salah satu calon ,baik yg memberi dan yang menerima dipidana " .Ujar Mantan Kepala Desa ini.

Maka penerima money politikpun akan diam-diam saja, oleh karenanya dalam mimbar ini perlu saya jelaskan bahwa " Apabila ada warga Desa yang menerima pemberian uang dari calon kades dengan permintaan agar memilihnya, jika dengan kesadaran uang dalam amplop tersebut, diserahkan kepada Satgasus / Satgas Desa Nusantara, maka penerima tidak akan kena tindakan pidana, karena telah melaporkan perbuatan money politik, pelopor akan dilindungi dan dirahasiakan identitasnya.

Jumlah uang yang diserahkan kepada petugas akan diganti dengan jumlah yang sama oleh petugas Satgas Desa Nusantara sebagai hadiah karena telah ikut serta berperan aktif dalam memberantas money Politik .

Oleh karenanya "Kami Satgas Desa Nusantara mengundang pemuda - pemudi Desa se-Kabupaten Pati yg didesanya tanggal 10 April 2021 nanti akan melaksanakan Pilkades, Satgas Desa Nusantara membutuhkan setiap RT . Dua (2) orang Personil untuk untuk menjadi pengurus / anggota Satgas Desa Nusantara diranting Desa masing- masing."

Dan Sudir Santoso pemrakarsa pembentukan Satgas Desa Nusantara menawarkan dan sekaligus mewanti-wanti kepada Calon Kepala Desa seluruh Kab. Pati berniat untuk tidak melakukan money politik, silahkan mendaftarkan tim suksesnya untuk menjadi Satgas Desa Nusantara ,sehingga masing-masing Calon akan ikut terlibat pengawasan agar tidak ada calon Kades yg merasa uangnya cukup/ banyak kemudian menggunakan uangnya untuk mempengaruhi pemilih .

Tempat pendaftaran :

Silahkan mau secara sendiri-sendiri  maupun secara kolektif dari masing-masing Desa jika ingin mendaftarkan menjadi anggota Satgas Desa Nusantara bisa melakukan pendaftaran di :

WISMA PARADE NUSANTARA  alamat Desa Kedungwinong Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Propinsi Jawa Tengah ,untuk mendapat kartu anggota dan atribut lainya sebagai kejelasan identitas .

Atau menghubungi sdr. Muhlisin Hp.081225881097 .

Salam Merdesa,  Sudir Santoso Ketua Umum Parade Nusantara sebagai Peananggung jawab  Satgas Desa Nusantara. (Adv)


Reporter : Puji Daryana

«
Next
This is the most recent post.
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply